Tuesday, November 7, 2017

GAME MARBEL KEBUDAYAAN PAPUA

Game kebudayaan Papua adalah game yang berbasis android yang dibuat guna dalam hal untuk memperkenalkan serta memproposikan kebudayaan yang ada di tujuh wilayah adat Papua (Mamta, Saiyeri, Bomberai, Domberai, Meepago, Lapago, Ha Anim), yang dalamnya meliputi pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional serta musik tradisional. Game ini dibuat  agar kebudayaan Papua tidak hilang dari perkembangan jaman dan dengan harapan bahwa game kebudayaan Papua ini bisa memperkenalkan kebudayaan Papua. Kebudayaan sangat penting dan juga dipandang sebagai identitas diri seseorang sehingga sangat perlu untuk diketahui oleh generasi penerus Papua maupun kalangan muda mudi Indonesia.
Game kebudayaan papua juga didesain agar mudah dipaham oleh pemain serta tidak rumit, oleh karna itu game kebudayaan papua merupakan game ringan yang dapat dimainakan dengan cara menyentuh dan menarik objek.
Game kebudayaan Papua terdiri dari 4 level sebagai berikut:
  • Level 1: Level ini menampilkan permainan berupa kuis dimana pemain harus menjawab soal pertanyaan tetang materi kebudayaan papua, agar pemain yang memainkan game bisa belajar kebudayaan yang ada ditujuh wilayah adat.
  • Level 2: Permainan dalam level ini mengadopsi model puzzle yang berisi potongan gambar. Dalam level ini pemain harus memasang potongan-potongan gambar yang disediakan.
  • Level 3: Jenis permainan dalam level ini adalah playfrome dimana pemain harus menggumpulkan tari-tarian dan peralatan tarian kebudayaan papua.
  • Level 4: Permainan dalam level ini berupa memilih gambar tarian papua dengan cara menyentuh objek gambar tersebut. Bila pemain berhasil menggumpulkan 50 objek gambar maka game berhasil dimenangkan.

Game kebudayaan papua menyasar anak-anak dan remaja usia 7 hingga 14 tahun, dengan alasan kebudayaan papua belum tentu diajarkan di setiap sekolah yang ada di tanah papua. Aplikasi game kebudayaan Papua ini sangat bermanfaat untuk mempalajari kebudayaan Papua dengan cara memainkannya sehingga secara otomatis akan terjadi proses belajar sambil bermain dan juga secara tidak langsung mengenal dan berinteraksi dengan kebudayaan yang ada di  tujuh wilayah adat papua.
Ayo bermain Game Marbel Kebudayaan Papua !!!!  

Mikael Tebai, mahasiswa dari Nabire-Papua, penerima beasiswa unggulan Sistem Informasi & Game Technology 2013 Unika Soegijapranata Semarang

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...