Wednesday, October 4, 2017

Nostalgia Video Game Konsol Dari Masa Ke Masa

Jika membicarakan tentang video game saat ini tentu tak lepas dari kecanggihan teknologinya, mulai dari grafis, audio, hingga sensor yang digunakan. Tapi tahukah kamu bahwa video game sudah ada sejak tahun 1972? Meski perangkat yang digunakan masih sederhana dan output game yang dikeluarkan tidak semenarik saat ini, namun kemunculan video game jaman dulu sudah dianggap sebagai penemuan yang istimewa. Berikut adalah beberapa video game yang pernah ada dari awal kemunculannya hingga tahun 1900-an.

1    1.      Pong & C (1972)
Pong adalah permainan pertama yang dibuat untuk video game. Membuat pemainnya menjadi “pemain tennis” yang harus mengalahkan lawannya dengan mencetak 10 poin terlebih dahulu. Game ini dikembangkan oleh Atari dan dirilis untuk arcade pada tahun 1972 oleh Atari, dan karena kesuksesannya, Atari mengembangkan sendiri game ini untuk di porting ke versi video game rumahan pada tahun 1975 dan terjual sebanyak 150.000 unit.
Mesin Pong ini terjual sebanyak 35.000 unit, dan jumlah ini sebenarnya hanyalah sepertiga dari total mesin pong yang terjual di seluruh dunia, karena setelah kesuksesannya, banyak cloning mesin Pong yang muncul. Saat itu, langkah yang diambil oleh Atari adalah merilis Double Pong, yang merupakan Pong yang dimainkan oleh empat orang pemain dengan layar yang lebih besar. Selain Pong, ada juga game lain di mesin ini yang dapat dimainkan secara online, yaitu Solitaire dan Freecell.



2    2.      Magnavox Odyssey (1972)
Magnavox Odyssey merupakan video game rumahan pertama yang pernah ada. Kita bisa bermain permainan tenis (yang terinspirasi dari permainan Pong) dan beberapa jenis permainan papan yang sejenis. Perangkat ini diproduksi sebanyak 350.000 unit tapi hanya beberapa ribu yang masih ada saat ini, dan lebih sedikit lagi yang masih lengkap dan masih bisa digunakan.


3   3.      Atari VCS (1977)
Atari 2600 adalah “sesepuh” dari video game modern yang sudah terjual lebih dari 30 juta unit dan  menjual banyak sekali permainan dalam sistem cartridge. Pada awal tahun 1970. Permainan arcade mendulang kesuksesan karena permainan pong, tank, dan lain-lain. Maka, Atari merilis Pong versi rumahan yang juga sukses di pasaran. Hingga pada tahun 1976, Atari VCS (nama asli dari Atari 2600) dirilis dengan sembilan permainan bawaan. Karena kesuksesannya, pada tahun 1978 Atari merilis lebih banyak game untuk konsol ini, diantaranya adalah Outlaw, Space Wars, dan Breakout. Salah satu game paling ikonik yang dikeluarkan oleh Atari adalah Space Invader yang dirilis di tahun 1980. Saking suksesnya permainan ini, banyak orang membeli Atari 2600 hanya untuk memainkan Space Invaders.



4    4.      Intellivision (1979)
Konsol ini mulai muncul di masa puncak kepopuleran Atari 2600. Diproduksi oleh Mattel yang pada saat itu populer karena memproduksi mainan Barbie, Intellivision menjadi salah satu kompetitor utama Atari mulai tahun 1980. Dengan game Major League Baseball yang mengalahkan Homerun (game baseball buatan Atari) IntellVision menjadi populer. Alasan lain mengapa IntellVision sukses adalah kemampuan teknisnya. Dilengkapi dua kontroler yang memiliki 10 tombol lengkap dengan tombol enter dan clear, serta piringan 16 arah. Yang dapat ditumpuk dengan petunjuk keypad yang disesuaikan dengan game yang akan dimainkan.


5    5.      Commodore VIC-20 (1980)
Dirilis di Jepang pada tahun 1980, dan setahun kemudian, di seluruh dunia, Commodore VIC-20 adalah komputer rumahan berwarna pertama yang ditujukan untuk masyarakat luas karena pendekatan dan harga yang cukup bersahabat. Sebagai computer yang dipuji di media-media ahli (karena pertunjukan performa lebih baik dari Apple II dan Atari 80 Byte pada bulan Mei 1981) Commodore VIC-20 menjadi komputer pertama yang terjual sebanyak lebih dari 1 juta unit, yang mengangkat posisi dan popularitas Commodore di pasar komputer rumahan.


6    6.      ColecoVision (1982)
Pada masanya, Coleco dianggap sebagai konsol “Next Gen”, yang mengikuti jejak Atari VCS dan IntellVision yang dimiliki Mattel. Game ini memiliki grafis dan suara yang sangat baik. Peluncuran konsol ini ke pasar juga cukup kuat karena adanya kesepakatan dengan Nintendo untuk melakukan porting game Donkey Kong. Lebih dari 2 juta unit terjual dan sebenarnya bisa menjadi lebih popular jika saja tidak ada kejatuhan industri game pada tahun 1983.


7   7.      Comodore 64 (1982)
Commodore 64 adalah computer 8-bit yang dirilis oleh Commodore Business Machines pada tahun 1982 sebagai suksesor VIC-20, Commodore 64 mendominasi pasar komputer rumah di Amerika Serikat, dengan aplikasi dan game yang tersimpan dalam cassette tape player eksternal, disk drive eksternal, atau port ekspansi yang ada pada mesin Commodore 64. Mesin ini tetap diminati hingga tahun 1990 dan akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1994 ketika perusahaan Commodore akhirnya bangkrut.

8    8.   ZX Spectrum (1982)
ZX Spectrum yang terkenal karena keyboardnya yang berbahan karet, dengan ukuran yang padat dan motif pelangi yang unik, dirilis pada tahun 1982 dengan harga kisaran harga £125 hingga £175. Harga ini kemudian menjadi lebih murah yaitu berkisar £99 dan £129.



9    9 .      Vectrex (1982)
Vectrex adalah konsol unik yang mengimplementasi tampilan grafis vektor untuk membuat pengalaman bermain seperti pada konsol arcade. Konsol ini dikembangkan oleh Smith Engineering. Dengan bantuan kertas overlay (berbahan mika) yang digunakan sebagai lapisan tambahan untuk memberi warna, 29 games diluncurkan secara resmi, termasuk game-game portingan dari arcade.



1    10.  Famicom (1983)
Karena gagal mencapai kata sepakat dengan perusahaan Coleco dan Commodore, Nintendo merilis konsol berbasis cartridgenya yang pertama dengan nama Famicom (Family Computer) di Jepang pada tahun 1983. Konsol ini meraih sukses besar. Karena kesuksesan ini, banyak produk tiruan Famicom diproduksi di seluruh Asia pada pertengahan 1980. Menjadikannya konsol yang memiliki produk bajakan tersendiri. Namun produk bajakan ini menjadi legal setelah paten dari Nintendo mengalami kadaluwarsa.



1    11.  Nintendo Entertainment System (NES, 1985)
Setelah dirilisnya Famicom di Jepang pada tahun 1983, Nintendo mendesain ulang konsol ini untuk rilis internasional dalam wujud NES. NES memiliki peran penting dalam membangkitkan kembali game yang dimainkan dalam sebuah konsol setelah jatuhnya industri game pada tahun 1983. Dengan NES, Nintendo memperkenalkan model bisnis standard dalam pemberian lisensi pada pengembang pihak ketiga yang melegalkan pengembang tersebut mengembangkan software untuk platform Nintendo. Lebih dari 700 game dirilis secara resmi pada konsol ini..


1   12.  Commodore Amiga (1985)
Pertengahan tahun 1985, Commodore meluncurkan Commodore Amiga, mesin baru yang diharapkan dapat mengangkat pamor Commodore di lingkungan pasar. Walau Commodore Amiga tidak kompatibel dengan mesin Commodore sebelumnya, mesin ini awalnya dapat bersaing karena kemampuan menghasilkan gambar dan suara yang sangat baik serta sistem operasi yang dapat melakukan berbagai hal dengan mouse. Mesin dapat bertahan hingga awal tahun 1990-an namun akhirnya harus tumbang di tangan IBM yang terbukti lebih kompeten dalam mengembangkan mesin komputer. 

1    13.  Sega Mega Drive (1988)
Konsol pertama yang benar-benar serius menantang dominasi Nintendo di pasar gaming pada masanya adalah Sega Mega Drive. Dirilis pertama kali di Jepang tahun 1988 dan 1989 di Amerika Utara. Kurang lebih 40 juta unit sukses terjual di seluruh dunia. Dengan seri Sonic The Hedgehog sebagai game terpopuler dari seluruh 915 game yang sudah dirilis, game ini dapat terjual sebanyak 15 juta unit.


1    14.  GameBoy (1989)
Walaupun memiliki keterbatasan perangkat keras, GameBoy mengalami sukses dengan sangat cepat. Bahkan melawan kompetitornya yang secara hardware lebih mampu, seperti Atari Lynx dan Sega Game Gear. GameBoy tetap popular karena banyaknya game bagus yang dirilis serta baterai yang tahan lama. GameBoy mengalami desain ulang pada tahun 1998 dengan dirilisnya GameBoy Color dan berhasil menjual 118 unit sebelum akhirnya berhenti diproduksi tahun 2003.


1    15.  Super Famicom /SNES (1990)
Super Nintendo Entertainment System (disebut juga Super NES, SNES atau Super Nintendo) adalah konsol 16-bit yang dirilis tahun 1990 di Jepang, tahun 1991 di Amerika Utara, tahun 1992 di Eropa dan 1993 di Amerika Selatan. Di Jepang dan Asia Tenggara, konsol ini lebih dikenal dengan nama Super Famicom.
SNES menjadi konsol kedua yang dikembangkan oleh Nintendo, mengikuti kesuksesan pendahulunya, NES. Konsol ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan grafis dan suara dibandingkan kompetitor pada masanya, dan tetap popular bahkan hingga di era konsol 32-bit dan tetap ada di hati para kolektor dan retro gamer.


1     16.  Commodore Amiga CD32 (1993)
Commodore Amiga CD32 menjadi konsol video game berbasis 32-bit CD-ROM pertama yang dirilis di Eropa Barat dan Kanada. Pada saat peluncurannya di tahun 1993, Amiga CD32 dilengkapi dengan dua game yaitu Diggers, dan Oscar from Flair. Pada peluncuran berikutnya, disertakan juga game Dangerous Street, sebuah game duel satu lawan satu, yang mendapat banyak kritik pedas oleh awak media. Amiga CD32 sebagai konsol video game juga dapat di upgrade menjadi sebuah PC secara penuh dengan menambahkan keyboard, mouse, dan floppy drive.


Itulah 16 jenis video game yang pernah ada. Mungkin saat ini kita sudah jarang melihatnya atau bahkan tidak mengenalnya sama sekali, tapi keberadaan alat tersebut masih bisa kita dapatkan di situs ebay.com dan amazon.com.

ket : Semua gambar diambil dari musium game technology James Cook University Singapore  
Penulis :
Elisa Purnamasari
Mahasiswa Beasiswa Unggulan Game Technology 2013

Unika Soegijapranata Semarang

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...