Monday, October 30, 2017

Mathematics Why Not ???


“Matematika” mendengarnya saja terkadang orang sudah malas. Untuk sebagian orang terutama pelajar, matematika merupakan hal yang sangat dihindari terlebih karena mengerjakan soal matematika bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat menyebalkan karena mereka harus berpusing – pusing ria untuk mengerjakannya meski hanya beberapa soal saja. Selain itu, hal yang membuat lebih menyebalkan lagi adalah ketika kita sudah bersemangat untuk mengerjakan soal matematika tetapi orang yang diminta untuk mengajarkan tidak memahami, atau bahkan malas sehingga membuat semangat kita turun kembali. 
Namun lagi – lagi dengan kecanggihan teknologi kita tidak perlu lagi dibuat repot seandainya sukar bertanya pada orang lain, dengan aplikasi matematika yang telah dikembangkan oleh beberapa developer android dibawah ini akan membuat sistem pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan dan mudah, apa saja itu? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

1.    Photomath


Photomath adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan pada user untuk menjawab soal matematika. Dengan adanya aplikasi ini, user hanya perlu melakukan scanning soal seperti scanning barcode melalui fitur kamera yang ada pada aplikasi dan seketika itu juga akan ditampilkan jawabannya. Selain jawaban, aplikasi ini juga menampilkan cara penyelesaikan soal tersebut tahap demi tahap.
Aplikasi yang telah di download oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store ini ternyata memiliki beberapa keunggulan yaitu mendukung dalam perhitungan aritmatika, pecahan, aljabar, angka desimal, bilangan bulat, akar, persamaan /pertidaksamaan linear, persamaan kuadrat / pertidaksamaan mutlak, sistem persamaan, logaritma, trigonometri, fungsi logaritma, eksponensial, integral dan turunan. 
Selain itu aplikasi buatan Mikroblink ini juga sudah memiliki smart calculator, mendukung pertanyaan dalam bentuk tulisan tangan dan grafik, serta tersedia dalam beragam bahasa.

2.    AutoMath Photo Calculator


Tidak jauh dari aplikasi Photomath, ternyata AutoMath Photo Calculator juga memiliki kemudahan serupa yaitu hanya dengan memotret soal matematika saja user sudah bisa mengetahui jawaban yang dibutuhkan serta cara penyelesaiannya secara bertahap.
AutoMath Photo Calculator yang telah di download oleh lebih dari 1 juta pengguna ini dirancang untuk melakukan perhitungan sepeti pengurangan dan penambahan, perkalian, divisi, fraksi, polinomial, ketidaksetaraan, linear, persamaan linear, aljabar, penyederhanaan, trigonometri, serta algoritma dasar.
Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah selain memiliki smart text calculator yang mendukung masalah seperti kalkulus, grafik, tabel nilai, sistem persamaan, serta memiliki 250 rumus matematika yang dapat membantu apabila ada pertanyaan yang tidak bisa dibaca oleh kamera. Namun sayangnya aplikasi ini sedang dalam pengembangan untuk mendukung pertanyaan yang menggunakan tulisan tangan.

3.    MalMath


MalMath adalah aplikasi yang berbasis kalkulator matematika, aplikasi ini tidak menggunakan kamera untuk membaca pertanyaan, melainkan user harus menulis sendiri pertanyaan yang ada pada menu worksheet, kemudian aplikasi akan menampilkan jawaban serta pembahasan soal tersebut.
Aplikasi yang bekerja secara offline ini mampu membantu memecahkan perhitungan seperti persamaan, logaritma, trigonometri, aljabar, derifatif, integral, dan limit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan animasi dalam pembahasan soal, sehingga lebih interaktif dan mudah diterima, selain itu ukurannya yang relatif kecil yaitu kurang dari 10 Mb tentu tidak memberatkan memori pengguna ponsel. Selain itu disediakan juga menu untuk menyelesaikan masalah dengan beberapa kategori dan tingkat kesulitan serta menu untuk menyimpan atau membagikan solusi dan grafik. 
Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna ini juga tersedia dalam beberapa bahasa seperti bahasa Inggris, Jerman, Itali, Spanyol, Turki, Arab, Portugis, Rusia, Jepang, Azerbaijani, Albania, dan Kroasia

4.    Mathway



Ada lagi aplikasi matematika yang tak kalah hebat, namanya Mathway. Aplikasi ini mampu menyelesaikan masalah seputar aritmatika dasar, kalkulus, algoritma, statistika, grafik, bahkan soal kimia sekalipun.
Tampilan yang sederhana dilengkapi dengan virtual keyboard serta rumus yang akan muncul pada bagian atas soal membuat pengerjaan soal menjadi lebih mudah. 
Namun sayangnya untuk melihat penyelesaian soal secara bertahap, pengguna harus mendaftar dahulu selain itu menu kamera yang ditujukan untuk scanning soal agak susah digunakan jika dibandingkan dengan Photomath.

5.    MyScript Calculator


Yang terakhir dari aplikasi matematika yang bisa membuat belajar matematika menjadi lebih menyenangkan adalah dengan adanya aplikasi MyScript Calculator. Aplikasi tersebut dirancang untuk menyelesaikan masalah dengan hanya mencorat - coret layar saja, kemudian aplikasi akan mengkonversi tulisan tangan tersebut kedalam teks digital untuk diterjermahkan dan dihitung jumlahnya.
MyScript Calculator ini telah didukung oleh beberapa simbol matematika yang mendukung seperti berikut ini :
·         Operasi dasar: +, -, x, ÷, +/-, 1 / x
·         Misc. Operasi:%, √, x!, | x |
·         Powers / Exponentials: x, xy, x2
·         Kurung: ( )
·         Trigonometri: cos, sin, tan
·         Inverse trigonometri: acos, asin, atan
·         Logaritma: ln, log
·         Konstanta: π, , Phi
Sayangnya aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini masih memiliki keterbatasan terlebih untuk pertanyaan yang membutuhkan penulisan matematika lebih kompleks, karena masih terbatasnya teknologi hand writing recognition.
Meskipun sudah dimudahkan dengan beberapa aplikasi di atas bukan berarti lantas kita bisa bermalas – malas dan mengandalkan aplikasi untuk menyelesaikan setiap persoalan kita. Hal yang perlu diingat bahwa aplikasi dibuat untuk memudahkan bukan untuk membuat orang lain malas atau bahkan ketergantungan, semoga kita bisa lebih bijak dalam menggunakan berbagai kemudahan yaa... Selamat mencoba !!!


Penulis :
Elisa Purnamasari
Penerima Beasiswa Unggulan Game Technology Unika Soegijapranata 2013


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...