Festival Game & Entrepreneur 2013



Industri Game sebagai salah satu industri kreatif di Indonesia saat ini memiliki posisi yang cukup strategis. Apabila Game yang dimainkan telah menyertakan unsur edukasi di dalamnya, maka perannya menjadi strategis sebagai agen yang mentransformasi ilmu pengetahuan ke dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Edukasi yang ditanamkan ke dalam permainan bisa berupa pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan, etika, anti-korupsi, atau bahkan edukasi mengenai program-program pemerintah seperti game pembelajaran warna, huruf, sampai dengan sejarah, bahasa Inggris, matematika,  bahkan etika dan anti-korupsi. Peluang yang tercipta tidak semata-mata hanya berupa potensi finansial belaka tetapi juga peluang untuk menanamkan nilai-nilai bangsa bersamaan dengan keinginan pemain untuk refreshing menggunakan permainan komputer.
Program Game Technology Unika Soegijapranata menyadari tanggung jawab ini merupakan hal yang harus disosialisasikan bukan hanya kepada pengembang permainan (game developer) saja, tetapi juga di kalangan pendidik yang ingin mengembangkan metode ajarnya menggunakan permainan komputer. Sosialisasi dan edukasi ini penting bagi pendidik karena kekhawatiran akan kesulitan yang besar dalam mengembangkan program permainan. Padahal saat ini banyak pilihan yang tersedia dalam membuat Game untuk pembuat permainan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan komputer sebelumnya.
Pada tahun 2013 ini, Festival Game & Entrepreneur mengambil tema Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game. Selain itu juga terdapat kompetisi dalam membuat karya game pendidikan yang dikemas dengan jiwa entrepreneurship. Kompetisi ini dapat diikuti oleh kalangan mahasiswa dan siswa SMA yang ada di Jawa Tengah. Melalui acara kompetisi ini, masyarakat diharapkan dapat melihat potensi yang ada dan pemanfaatannya untuk bidang-bidang pendidikan.



Festival Game & Entrepreneur 2013Tema

Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game

Festival Game & Entrepreneur 2013Peserta Acara

Ø       Pelajar dan Mahasiswa
Ø       Guru dan Akademisi Perguruan Tinggi
Ø       Masyarakat Pecinta dan Pemerhati Game 

Festival Game & Entrepreneur 2013Waktu Pelaksanaan

1.   Seminar Game & Entrepreneurship
      “Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game dan Peluang Bisnisnya”
  • Seminar praktis mengenai pembuatan game dengan mudah untuk kepentingan pendidikan - baik dalam desktop maupun tablet, beserta peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Cocok untuk siswa, mahasiswa, pendidik, dan bisnis.
Hari, Tanggal    
:
Sabtu, 9 Maret 2013
Tempat
:
Gedung Theater Thomas Aquinas
Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Semarang
Waktu
:
08.00 – 13.00 WIB
Topik
:
1.       Membuat Game Sendiri untuk Pendidikan
2.       Mengembangkan EduGame berbasis Tablet
3.       Peluang Bisnis melalui Advan App-Store
Kontribusi
:
Rp. 15.000 (Pelajar/Mahasiswa)
Rp. 25.000 (Umum)
Fasilitas
:
Sertifikat, seminar kit, makan siang
Konfirmasi/Informasi
:

2.   Lomba Karya Game Edukasi
  • Kompetisi pembuatan game untuk kepentingan edukasi. Peserta yang telah terdaftar mempersiapkan produk yang telah dibuatnya dalam kemasan yang menarik dan ditampilkan pada saat acara seminar berlangsung. 
Hari, Tanggal    
:
Sabtu, 9 Maret 2013
Tempat
:
Selasar Gedung Thomas Aquinas
Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Semarang
Waktu
:
08.00 – 13.00 WIB
Tema Karya
:
Edukasi
Game Engine
:
Bebas
O/S, Hardware
:
Bebas
Penilaian
:
Voting, Penjualan Produk, Juri
Peserta
:
Team dari SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi di Indonesia
Kontribusi
:
Rp. 25.000 / team
Konfirmasi/Informasi
:


3.   Call of Paper
  • Publikasi artikel ilmiah dari masyarakat yang dikemas dalam bentuk prosiding ber-ISBN berbahasa Indonesia dan dibagikan pada saat acara seminar. Dokumen menggunakan ukuran A4 dengan keseluruhan margin 1 inci dan huruf Times New Roman 12. 
Abstrak     
:
Senin, 11 Februari 2013
Pengumuman     
:
Senin, 18 Februari 2013
Full Paper
:
Senin, 25 Februari 2013
Prosiding
:
Sabtu, 9 Maret 2013
Tema
:
Peran Teknologi Informasi dalam Edukasi
Pengiriman Makalah
:
Kontribusi
:
Rp. 75.000 (mahasiswa) Rp. 100.000 (umum)
Template
:

Pembayaran
:
Bank BCA No. 222-0-433-636 an Erdhi Widyarto
Contact Person
:
Viena (081225207934) 
Putra (085641459495)
Desi (089668886506)

Download:
[Leaflet Halaman Depan]
[Leaflet Halaman Belakang]

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...