Industri Game sebagai salah satu industri kreatif di
Indonesia saat ini memiliki posisi yang cukup strategis. Apabila Game yang
dimainkan telah menyertakan unsur edukasi di dalamnya, maka perannya menjadi strategis
sebagai agen yang mentransformasi ilmu pengetahuan ke dalam bentuk permainan
yang menyenangkan. Edukasi yang ditanamkan ke dalam permainan bisa berupa
pembelajaran mengenai ilmu pengetahuan, etika, anti-korupsi, atau bahkan
edukasi mengenai program-program pemerintah seperti game pembelajaran warna,
huruf, sampai dengan sejarah, bahasa Inggris, matematika, bahkan etika dan anti-korupsi. Peluang yang
tercipta tidak semata-mata hanya berupa potensi finansial belaka tetapi juga
peluang untuk menanamkan nilai-nilai bangsa bersamaan dengan keinginan pemain
untuk refreshing menggunakan permainan komputer.
Program Game Technology Unika Soegijapranata menyadari
tanggung jawab ini merupakan hal yang harus disosialisasikan bukan hanya kepada
pengembang permainan (game developer)
saja, tetapi juga di kalangan pendidik yang ingin mengembangkan metode ajarnya
menggunakan permainan komputer. Sosialisasi dan edukasi ini penting bagi
pendidik karena kekhawatiran akan kesulitan yang besar dalam mengembangkan
program permainan. Padahal saat ini banyak pilihan yang tersedia dalam membuat
Game untuk pembuat permainan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan
komputer sebelumnya.
Pada tahun 2013 ini, Festival Game & Entrepreneur
mengambil tema Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game. Selain itu juga
terdapat kompetisi dalam membuat karya game pendidikan yang dikemas dengan jiwa
entrepreneurship. Kompetisi ini dapat diikuti oleh kalangan mahasiswa dan siswa
SMA yang ada di Jawa Tengah. Melalui acara kompetisi ini, masyarakat diharapkan
dapat melihat potensi yang ada dan pemanfaatannya untuk bidang-bidang
pendidikan.
Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game
Download:
[Leaflet Halaman Depan]
[Leaflet Halaman Belakang]
Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game
Ø Pelajar
dan Mahasiswa
Ø Guru
dan Akademisi Perguruan Tinggi
Ø Masyarakat
Pecinta dan Pemerhati Game
1. Seminar Game &
Entrepreneurship
“Menajamkan Edukasi melalui Pengembangan Game dan Peluang
Bisnisnya”
- Seminar praktis mengenai pembuatan game dengan mudah untuk kepentingan pendidikan - baik dalam desktop maupun tablet, beserta peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Cocok untuk siswa, mahasiswa, pendidik, dan bisnis.
Hari, Tanggal
|
:
|
Sabtu, 9
Maret 2013
|
Tempat
|
:
|
Gedung
Theater Thomas Aquinas
Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Semarang
|
Waktu
|
:
|
08.00 – 13.00 WIB
|
Topik
|
:
|
1. Membuat Game Sendiri untuk
Pendidikan
2. Mengembangkan EduGame berbasis
Tablet
3. Peluang Bisnis melalui Advan
App-Store
|
Kontribusi
|
:
|
Rp. 15.000 (Pelajar/Mahasiswa)
Rp. 25.000 (Umum) |
Fasilitas
|
:
|
Sertifikat, seminar kit, makan siang
|
Konfirmasi/Informasi
|
:
|
2. Lomba Karya Game Edukasi
- Kompetisi pembuatan game untuk kepentingan edukasi. Peserta yang telah terdaftar mempersiapkan produk yang telah dibuatnya dalam kemasan yang menarik dan ditampilkan pada saat acara seminar berlangsung.
Hari, Tanggal
|
:
|
Sabtu, 9
Maret 2013
|
Tempat
|
:
|
Selasar
Gedung Thomas Aquinas
Universitas Katholik Soegijapranata
Semarang.
Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Semarang
|
Waktu
|
:
|
08.00 – 13.00 WIB
|
Tema Karya
|
:
|
Edukasi
|
Game Engine
|
:
|
Bebas
|
O/S, Hardware
|
:
|
Bebas
|
Penilaian
|
:
|
Voting, Penjualan Produk, Juri
|
Peserta
|
:
|
Team dari SMA, SMK, dan Perguruan
Tinggi di Indonesia
|
Kontribusi
|
:
|
Rp. 25.000 / team
|
Konfirmasi/Informasi
|
:
|
3. Call of Paper
- Publikasi artikel ilmiah dari masyarakat yang dikemas dalam bentuk prosiding ber-ISBN berbahasa Indonesia dan dibagikan pada saat acara seminar. Dokumen menggunakan ukuran A4 dengan keseluruhan margin 1 inci dan huruf Times New Roman 12.
Abstrak
|
:
|
Senin, 11 Februari 2013
|
Pengumuman
|
:
|
Senin, 18 Februari 2013
|
Full Paper
|
:
|
Senin, 25 Februari 2013
|
Prosiding
|
:
|
Sabtu, 9 Maret 2013
|
Tema
|
:
|
Peran Teknologi Informasi dalam Edukasi
|
Pengiriman Makalah
|
:
| |
Kontribusi
|
:
|
Rp. 75.000 (mahasiswa) Rp. 100.000 (umum)
|
Template
|
:
|
Pembayaran
|
:
|
Bank BCA No. 222-0-433-636 an Erdhi Widyarto
|
Contact Person
|
:
|
Viena (081225207934)
Putra (085641459495) Desi (089668886506) |
[Leaflet Halaman Depan]
[Leaflet Halaman Belakang]